Festival Film Surabaya 2017, Bangga Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Surabaya, channelsatu.com. Di Indonesia, selama satu tahun tidak terhitung bahkan tidak terdata, berapa banyak festival film digelar. Hanya yang dikenal, bisajadi Festival Film Indonesia disingkat FFI walau kini gaungnya tidak gemebyar dan Apresiasi Film Indonesia atau AFI yang belum sampai sepuluh kali diadakan.

FFI dan AFI kegiatan yang seratus persen diongkosi pemerintah alias festival film plat merah. Sedangkan festival film lainnya ada yang diadakan pihak swasta, umumnya diselenggarakan komunitas film, dan festival film semi pemerintah yakni pemerintah sebagai pendukung yang dalam hal ini memberikan bantuan dana secukupnya.

Perihal banyaknya festival film di Indonesia, pengamat film Wina Armada kepada channelsatu.com beberapa waktu lalu menyatakan, “Perlu didata dan perlu juga diberi peringkat. Hal ini demi kualitas serta sebagai tolak ukur perfilman Indonesia. Di masyarakat, festival film perlu ditumbuhkan. Tidak ada yang melarang bikin festival film, namun dalam pelaksanaannya, sebuah festival film musti ada ukurannya.”

Dalam waktu dekat, yang terpantau channelsatu.com, adalah Festival Film Surabaya (FFS) 2017. Sebenarnya pendaftaran FFS sudah dibuka sejak 10 November 2016 dan ditutup pada 10 April 2017. Pendafaran FFS itu dilakukan secara online, tapi peserta bisa menghubungi sekretariat informasi di SMK Soetomo Surabaya, Jalan Karang Menjangan, Jojoran IV/ 2D, Surabaya  atau via telepon 032 -5914480 dan Faks 031-5935031.

FFS 2017 ini untuk pelajar seluruh Indonesia, mahasiswa dan umum seluruh Indonesia. Kategori pelajar karya yang  patut difestivalkan atau dilombakan berupa film fiksi, film dokumenter, film animasi, video musik dan iklan layanan masyarakat. Sedangkan untuk kategori mahasiswa maupun umum, hanya film fiksi.

Dalam FFS 2017, peserta yang ikut tidak dipungut biaya. Alias Gratis.  Formulir dan karya film bisa dikirim melalui email ke alamat : festivalfilmsurabaya@gmail.com. Anda mau ikut, buruan kirim via email  ke alamat yang disebut itu, alih-alih penutupan pada 10 April 2017. (Syamsudin Noer Moenadi, email nm.syamsudin@yahoo.com)

Sumber: http://channelsatu.com/festival-film-surabaya-2017-bangga-menjadi-tuan-rumah-di-negeri-sendiri/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *